Jual pallet plastik bekas di Surabaya

Jual Pallet Plastik bekas dan baru untuk segala macam kebutuhan usaha anda, lokasi kami di Surabaya. Harga termurah dan terlengkap di kota Surabaya.

Stok pallet kami selalu ready dan tersedia berbagai type dan ukuran. bisa di bilang kami adalah rajanya pallet plastik di di Surabaya, dengan Kapasitas gudang terbesar dan terlengkap.

Fungsi Pallet

Pallet yaitu sebuah alat yang umumnya terbuat dari kayu dan plastik berbentuk persegi datar dengan rongga-rongga. Fungsi palet dalam dunia cargo adalah untuk meletakkan barang-barang pengiriman yang disimpan di gudang. Barang yang diletakkan di atas palet, akan lebih muda di angkat dengan forklift karena terdapat rongga khusus garpu forklift pada bagian bawah palet. Selain untuk efisiensi pengangkutan barang, palet juga berfungsi untuk melindungi barang dari lantai yang berair.

Pallet bagi orang yang sudah lama berkecimpung di dunia cargo atau logistik pastinya sudah tidak asing lagi di telinganya. Apalagi bagi para pekerja di bagian gudang, setiap hari tentu dia akan terus bertemu dengan pallet. Namun kegunaan pallet dan beserta jenis-jenis di rasa perlu untuk diketahui oleh orang biasa pada umumnya.

Jenis-Jenis Pallet Dalam Dunia Cargo

Seiring berkembangnya teknologi, palet yang biasanya terbuat dari kayu kini ada pula dari bahan lainnya seperti plastik, logam dan kardus. Ada berbagai jenis palet yang lazim digunakan dalam dunia cargo. Secara garis besar, jenis pallet sendiri terbagi kedalam dua kategori. Yang pertama pallet berdasarkan drive direction dan pallet berdasarkan bahan materialnya.

Palet Berdasarkan Drive Direction

a. Pallet 2 Ways

Pallet 2 ways memungkinkan forklift mengambil barang dari 2 sisi, yaitu sisi depan dan juga sisi belakang

b. Pallet 4 ways

Pallet 4 ways memungkinkan forklift mengangkut barang dari 4 sisi yaitu sisi depan, sisi belakang, sisi kiri dan kanan.

Pallet Berdasarkan Bahan Materialnya

a. Pallet Kayu

Jenis pallet ini terbuat dari material kayu. Jenis kayu yang digunakan juga bukan sembarang kayu melainkan kayu dari pohon terpilih. Indonesia adalah negara pemakai pallet kayu terbanyak di dunia, sebab bahan baku kayu banyak terdapat Indonesia. Jadi material untuk pembuatan pallet kayu cukup mudah diperoleh.

b. Pallet Plastik

Pallet ini terbuat dari bahan plastik. Perbedaan mendasar dari pallet yang terbuat dari plastik dan juga kayu ialah pada sisi atasnya. Pallet kayu pada sisi atasnya dibentuk dari kayu yang melintang dan terdapat jarak antar kayu tersebut. Sementara pallet plastik di atasnya tertutup rata. Kelebihan dari pallet plastik adalah bahannya yang awet dan tak mudah rusak.

Baca Juga : Cara jadi Agen Jne

c. Pallet Kardus

Jenis pallet tidak hanya terbuat dari kayu dan juga plastik, terdapat pallet yang terbuat dari kertas kardus. Jenis pallet ini cukup kuat untuk menahan bobot di atas 100 kg. Pallet kardus termasuk pallet yang ramah lingkungan sebab dapat di daur ulang.  Pallet kardus banyak di pakai oleh negara Jepang.

d. Pallet Logam

Jenis pallet ini adalah jenis yang paling kuat diantara pallet lainnya. Pallet logam lazimnya terbuat dari besi. Pallet besi atau logam juga merupakan palet yang paling mahal di bandingkan yang lain. Walaupun jenis pallet ini terbilang yang paling kuat, tetapi ia juga mempunyai kelemahan. Yaitu jenis pallet logam lemah terhadapa air, karena dapat menyebabkan karat. Kecuali jika pallet logam terbuat dari bahan besi yang tahan terhadap karat.

Keunggulan menggunakan Pallet Plastik          

Pallet pertama kali muncul merupakan pallet kayu. Namun, seiringnya waktu dan teknologi semakin berkembang, pallet pun memiliki beberapa macam jenis yaitu Pallet Plastik yang banyak digunakan di era saat ini. kelebihan pallet plastik untuk menghemat biaya operasional, tahan lama, tidak mudah rusak, mudah dibersihkan & penyimpanan untuk harga yang di tawarkan cukup beragam tergantung dari kualitas pallet plastik tersebut. Pallet plastik memiliki 5 type sesuai dengan kegunaan yaitu

  1. Super Light Duty atau One Way Pallet
  2. Light Duty
  3. Medium Duty
  4. Heavy Duty
  5. Hygiene pallet

Untuk menggunakan Pallet harus diketahui 3 metode beban berat barang yang diangkut oleh pallet tersebut Sebagai berikut :

  • Static Load / Beban Menyusun :  pallet yang sudah di muat beban dapat ditumpuk diatas pallet lain
  • Dynamic Load / Beban Dinamis : pallet yang dimuat dan diangkat menggunakan alat angkut seperti forklift atau hand pallet
  • Racking Load / Beban di Rak Pallet : pallet yang sudah dimuat dan disimpan menggunakan rak pallet seperti Seletive Racking

Apakah Pallet Plastik Memiliki Standard Internasional ?

Tentu saja pallet plastik memiliki standard internasional yaitu

  • ISO 8611 terdiri dari bagian-bagian berikut, di bawah judul umum Palet untuk penanganan material – Palet datar:
    • Bagian 1: Metode uji
    • Bagian 2: pemilihan tes dan Persyaratan kinerja
    • Bagian 3: Beban maksimum muatan
  • JIS Z 0602 merupakan standard uji tes pallet plastik negara jepang. Dengan melalui 3 langkah uji pallet sebagai berikut :
    • jumlah regangan,
    • tingkat defleksi,
    • rasio sisa defleksi sesuai dengan beban yang ditetapkan.

 

Pallet plastik merupakan asset perusahaan yang cukup dibutuhkan untuk penyimpanan gudang produksi hingga pendistribusian keberbagai mancanegara. setiap negara memiliki standard ukuran yang berbeda-beda. Standard ukuran yang sudah dibentuk oleh standard ISO 6780 yaitu

Standard Ukuran Negara
1016 × 1219 North America
1000 × 1200 Europe, Asia
1165 × 1165 Australia
1165 × 1165 North America, Europe, Asia
1100 × 1100 Asia
800 × 1200 Europe

untuk anda yang ingin melakukan Pemesanan, silahkan untuk langsung menghubungi : 081230892667

 

Tinggalkan Komentar