Apa itu waralaba dan bagaimana cara mewaralabakan bisnis anda?

Baru mengenal waralaba? apa itu waralaba? Apakah Anda ingin tau lebih lanjut tentang cara mewaralabakan bisnis Anda?, dari mana harus memulai, jika Anda siap untuk waralaba, dan bagaimana cara mengetahui apakah Anda melakukannya dengan benar?

Dalam panduan ini Anda akan mempelajari dasar-dasar waralaba, cara memulai mewaralabakan bisnis Anda, dan cara sukses dalam bisnis waralaba.

Kami juga akan menyelami lebih dalam persyaratan hukum untuk waralaba dan mengapa itu penting, langkah yang harus diambil sebelum dan setelah Anda meluncurkan waralaba, dan bahkan beberapa tips tentang cara menjual waralaba.

 

Pendahuluan: Apa itu Waralaba?

Waralaba adalah model hukum dan bisnis yang memungkinkan pemilik bisnis seperti Anda untuk mencapai pertumbuhan dan ekspansi multi-unit.

Ketika Anda membuat waralaba bisnis Anda, Anda akan membuat dokumen hukum, pengungkapan, dan persyaratan operasional yang diperlukan untuk mematuhi hukum waralaba dan memungkinkan Anda untuk menjual waralaba kepada individu yang akan menjadi pewaralaba Anda dan membantu Anda mengembangkan bisnis Anda dengan membuka sendiri lokasi waralaba.

Sebagai pemilik waralaba, Anda akan memberikan kepada franchisee hak hukum untuk membangun lokasi waralaba mereka sendiri menggunakan merek dagang, sistem bisnis, metode operasi, pemasok, pelatihan, dan dukungan yang sedang berjalan yang akan Anda berikan kepada mereka. Pada gilirannya, pemegang waralaba akan membayar kepada Anda biaya waralaba awal dan biaya royalti berulang.

Di bawah undang-undang waralaba, sebelum Anda menjual waralaba kepada calon pewaralaba, Anda harus terlebih dahulu menyerahkan dan mengungkapkan kepadanya dokumen prospektus wajib yang disebut dokumen pengungkapan waralaba atau FDD. Undang-undang waralaba federal dan negara bagian mengatur informasi yang harus diungkapkan dalam 23 bagian pengungkapan (setiap bagian disebut “Item”) dari FDD Anda. FDD Anda harus diperbarui setidaknya setiap tahun dan harus terdaftar atau diajukan ke negara bagian tertentu. Saat Anda menjual waralaba, perjanjian hukum antara Anda dan pewaralaba Anda dikenal sebagai perjanjian waralaba .

Jika Anda tertarik untuk waralaba bisnis Anda, Anda berada di tempat yang tepat. Panduan ini akan memberi Anda pemahaman terperinci tentang waralaba, membuat Anda berada di jalur yang benar, dan membantu Anda menghindari jebakan dan menang di waralaba. Jika Anda bingung tentang hal ini, Anda tidak sendirian – kami di sini untuk membantu.

 

Cara mewaralabakan Bisnis anda

Berikut adalah langkah-langkah untuk waralaba bisnis Anda:

Dokumen Pengungkapan Waralaba
FDD Anda harus disiapkan sebagai “FDD multi-negara” sehingga dapat digunakan untuk semua negara bagian di Amerika Serikat. FDD Anda juga harus memungkinkan Anda untuk menjual baik waralaba unit individual maupun waralaba pengembangan multi-unit.
Manual Operasional
Anda akan memberikan manual operasi rahasia kepada franchisee Anda yang akan menjelaskan semua yang diperlukan franchisee Anda untuk menjalankan bisnis mereka. Panduan cara ini meliputi daftar periksa buka dan tutup, resep, informasi pelatihan, dan banyak lagi. Manual operasi Anda akan selalu perlu diperbarui.
Daftarkan Merek Dagang Anda
Sangat penting untuk mendaftarkan merek dagang Anda (baik kata maupun desain logo Anda) dengan Kantor Hak Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO). Lebih lanjut tentang merek dagang di sini dan apa yang bisa terjadi jika merek dagang Anda tidak dilindungi.
Bangun Perusahaan Waralaba Baru Anda Waralaba
baru harus membuat entitas waralaba baru, yaitu, ABC Waralaba, LLC. Anda juga harus membuka rekening bank untuk perusahaan baru ini sehingga akuntan Anda dapat menyiapkan neraca awal yang diperlukan untuk FDD.
Daftarkan FDD Anda di Negara Bagian Pendaftaran Waralaba
Sebelum Anda dapat menjual di negara bagian pendaftaran waralaba (NY, IL, MD, CA, dll.) Atau negara bagian pengarsipan tertentu (FL, TX, NC, SC, dll.) Anda harus mengisi aplikasi yang sesuai dan pemberitahuan. Lihat peta pendaftaran negara interaktif kami .
Buat Strategi Penjualan Anda
Perlu diingat bahwa bahkan setelah dokumen hukum lengkap, menentukan strategi penjualan waralaba awal Anda sangat penting. Cari tahu di mana Anda ingin membuka waralaba. Di mana ada minat pada merek Anda? Apakah Anda ingin mulai melakukan ekspansi secara lokal? Strategi Anda akan berperan baik dengan penjualan waralaba dan pendaftaran waralaba.
Tetapkan Rencana dan Anggaran Realistis
Selain kepatuhan hukum yang signifikan yang terlibat, komponen besar dari proses waralaba melibatkan penerapan perencanaan bisnis dan strategi pengembangan waralaba. Strategi Anda harus difokuskan pada dukungan pemegang waralaba, penjualan waralaba, dan perlindungan jangka panjang dari sistem waralaba yang Anda buat. Waralaba bersifat jangka panjang. Keberhasilan Anda di masa depan mengharuskan Anda membuat koneksi yang tepat , mengandalkan penasihat yang jujur , dan menetapkan rencana dan anggaran yang realistis untuk satu, dua, tiga, empat, dan lima tahun mendatang.
Jangan lupa bahwa waralaba lebih merupakan proses daripada tujuan. Setelah Anda “waralaba bisnis Anda” Anda baru saja memulai.

Apakah Dokumen Pengungkapan Waralaba Saya Harus Terdaftar atau Diarsipkan?
Jawabannya tergantung di mana Anda akan menawarkan dan menjual waralaba. Di tingkat federal, dokumen pengungkapan waralaba tidak terdaftar atau diajukan ke lembaga pemerintah mana pun. Meskipun dokumen pengungkapan waralaba Anda harus mematuhi undang-undang federal dan Peraturan Waralaba Federal, kepatuhan adalah mengatur diri sendiri, yaitu, terserah Anda dan pengacara waralaba Anda untuk memastikan bahwa dokumen pengungkapan waralaba Anda sesuai dan dikeluarkan dengan benar. Di tingkat negara bagian, di negara bagian pendaftaran waralaba, dokumen pengungkapan waralaba Anda harus diterima oleh dan terdaftar dengan regulator negara yang ditunjuk sebelum Anda dapat menawarkan atau menjual waralaba di negara bagian tersebut. Di negara bagian pengarsipan waralaba, Anda harus membuat pengarsipan tertentu dengan regulator negara yang ditunjuk sebelum menawarkan atau menjual waralaba di negara-negara tersebut. Di semua negara bagian lain, Anda dapat menawarkan dan menjual waralaba selama dokumen pengungkapan waralaba Anda mutakhir dan sesuai dengan hukum.

Berapa Lama Yang Dibutuhkan Untuk Waralaba Bisnis Saya?
Biasanya porsi sah dari waralaba bisnis Anda membutuhkan waktu 90 hingga 120 hari . Bergantung pada faktor unik yang terkait dengan bisnis atau industri Anda, mungkin ada variasi. Banyak juga tergantung pada siapa Anda bekerja dan tim internal Anda sendiri.

Berapa Besar Biaya untuk Waralaba Bisnis Saya?
Ini pada akhirnya tergantung pada siapa Anda bekerja.

Ketika mengevaluasi biaya untuk waralaba bisnis Anda, penting dipahami bahwa, secara umum, ada dua tahap dalam proses pengembangan waralaba:

Tahap pertama adalah tahap pengembangan waralaba di mana Anda mengambil langkah-langkah hukum dan bisnis yang diperlukan untuk menyebut diri Anda franchisor dan mulai menjual waralaba. Selama tahap pengembangan waralaba, tonggak utama akan mencakup pengembangan dan penerbitan FDD Anda, menyiapkan manual operasi Anda, dan membandingkan secara kompetitif penawaran waralaba Anda dengan pesaing Anda.

Tahap kedua adalah tahap penjualan waralaba yang biasanya periode dua belas bulan setelah penerbitan FDD Anda. Selama tahap penjualan awal ini Anda akan mengambil langkah-langkah untuk menjual waralaba melalui sejumlah langkah termasuk atraksi organik, iklan berbayar, pemasaran media sosial, hubungan masyarakat, dan broker waralaba.

Apa yang akan Anda pelajari adalah bahwa proses “pengembangan waralaba” adalah proses yang terus berkembang yang terjadi selama bertahun-tahun saat Anda terus tumbuh dan meningkatkan sistem waralaba Anda.

Ketika kita berbicara tentang biaya untuk waralaba bisnis Anda , saat ini kita sedang berbicara tentang tahap pertama – tahap pengembangan waralaba yang melibatkan: (a) secara kompetitif memposisikan penawaran waralaba Anda dan hak dan kewajiban yang mendasari antara Anda dan franchisee Anda, (b ) menyiapkan FDD Anda dan seluruh infrastruktur hukum yang diperlukan untuk menjadi pemilik waralaba dan mulai menjual waralaba secara sah dan dengan cara yang benar, dan (c) pengembangan manual operasi Anda. Untuk menyelesaikan ini dan, tergantung pada siapa Anda bekerja dan jika Anda menyiapkan manual operasi Anda sendiri, kami telah melihat kisaran biaya dari $ 18.500 hingga $ 84.500 .

Apa yang Menentukan Variasi Besar dalam Harga Ini?
Berhati-hatilah saat memilih pengacara atau pengembang waralaba. Banyak vendor mengandalkan fakta bahwa ada hal-hal yang Anda, segera menjadi franchisor baru, tidak tahu tentang prosesnya. Beberapa vendor akan memberi harga terlalu tinggi kepada Anda atau, lebih buruk lagi, mereka akan membebankan biaya tanpa Anda sadari bahwa Anda tidak melakukan waralaba dengan cara yang benar. Hati-hati terhadap “pengembang waralaba” yang mengklaim melakukan segala sesuatu di rumah, termasuk persiapan sah FDD Anda. Adalah ilegal bagi pengembang waralaba untuk memiliki pengacara “sendiri” yang menyiapkan FDD Anda. Untuk banyak alasan bagus – termasuk perlindungan hukum, pertanggungjawaban, dan kebutuhan Anda untuk mempertahankan hak istimewa pengacara-klien – pengacara waralaba Anda harus independen dan dipegang langsung oleh Anda.

Opsi berbiaya lebih rendah (kisaran $ 5.000 – $ 10.000) pada akhirnya akan membebani Anda lebih banyak dalam kehilangan peluang dan pelanggaran waralaba di masa depan. Sebaliknya, opsi berbiaya lebih tinggi ($ 80.000 +) seringkali memberikan banyak “kertas dan formulir” tetapi sebenarnya tidak terlalu bernilai.

Biaya lain termasuk mengembangkan manual operasi Anda. Banyak klien kami menyiapkan manual operasi mereka sendiri. Sebagian besar pengembang biasanya mengenakan biaya $ 15.000 – $ 20.000 untuk layanan ini.

Internicola Law Firm, PC, mengenakan biaya mulai $ 18.500 hingga $ 34.000 untuk perwakilan hukum, pengembangan, perencanaan, dan dukungan waralaba PLUS.

Kiat : Lakukan riset dan cari transparansi sebelum melibatkan tim untuk mengembangkan waralaba Anda. Mintalah proposal terperinci dan referensi klien!

Pelajari lebih lanjut tentang tahap pengembangan waralaba dan berapa biayanya untuk waralaba bisnis Anda .

 

5 Strategi Penting untuk Dipertimbangkan Sebelum Meluncurkan Waralaba Anda
Saat Anda sedang mengembangkan waralaba Anda, pintar untuk menerapkan strategi ini yang sesuai dengan tujuan pertumbuhan merek Anda. Antara keputusan bisnis dan hukum dan mengevaluasi metrik kunci, daftar berikut ini akan membantu perencanaan keseluruhan Anda sebelum Anda memiliki waralaba.

Ketika kami menggunakan frasa “luncurkan waralaba Anda,” kami mengacu pada pengembangan FDD Anda sepenuhnya dan siap untuk penjualan waralaba.

Tetapkan Tujuan Realistis.
Waralaba lebih merupakan maraton daripada lari cepat. Tetapkan tujuan yang realistis untuk seperti apa kesuksesan waralaba bagi Anda . Apa tujuan penjualan realistis di tahun pertama Anda dan selama dua, tiga, empat, dan lima tahun ke depan? Waktu terbaik untuk mulai merencanakan strategi lima tahun Anda adalah sebelum Anda meluncurkan waralaba Anda.
Teliti Pesaing Anda.
Anda perlu secara kompetitif memposisikan penawaran waralaba di antara pesaing Anda. Dalam dokumen pengungkapan waralaba dan penawaran waralaba, Anda akan mengungkapkan metrik biaya penting yang mencakup hal-hal seperti biaya waralaba awal , tarif royalti yang berkelanjutan , kewajiban biaya waralaba, ukuran wilayah , dan berbagai faktor hukum dan bisnis lainnya yang akan memengaruhi keuntungan operasi waralaba Anda dan hak keseluruhannya. Mengevaluasi pesaing Anda , memahami metrik mereka, dan bekerja dengan pengacara Anda untuk memastikan bahwa dokumen pengungkapan waralaba Anda diposisikan secara kompetitif.
Kembangkan Penawaran Waralaba Anda untuk Penjualan Individual dan Multi-Unit.
Memiliki kemampuan untuk menjual beberapa unit waralaba ke satu franchisee adalah penting. Apa artinya ini? Sering kali, pewaralaba ingin memperoleh hak untuk mengembangkan dan membuka banyak lokasi atau beroperasi di berbagai wilayah. Artinya, mereka tidak ingin hanya satu lokasi atau satu wilayah. Untuk dapat menawarkan dan menjual baik waralaba unit individu danwaralaba multi-unit, dokumen pengungkapan waralaba Anda harus disusun untuk mengakomodasi penjualan unit waralaba individu ke satu pemegang waralaba. Di sinilah franchisee menginginkan hanya satu lokasi dan menandatangani perjanjian waralaba tunggal. Jika franchisee ingin membeli hak untuk membuka beberapa lokasi, mereka diberi perjanjian pengembangan. Mereka juga akan mendapatkan jadwal yang memberi mereka sejumlah waktu untuk mengembangkan lokasi tambahan mereka. Kami menyebutnya “struktur ganda.” Mengembangkan struktur ganda ini akan berarti lebih banyak perencanaan dan kerja di muka, tetapi untuk sebagian besar industri, meluncurkan waralaba Anda tanpa opsi akan membebani Anda dengan penjualan dan menempatkan Anda pada kerugian kompetitif dalam jangka panjang.
Pastikan FDD Anda Sesuai untuk Setiap Negara.
Salah satu hal yang paling membuat frustrasi pemilik waralaba adalah tertunda dan tidak dapat menjual dalam jangka waktu yang diantisipasi. Dari awal, dokumen pengungkapan waralaba Anda harus sesuai dengan beberapa negara. Ini berarti harus siap untuk pendaftaran dan pengarsipan di setiap negara bagian . Cara melakukan ini: Seperti yang disebutkan sebelumnya, pengacara Anda perlu menyiapkan dokumen pengungkapan waralaba Anda atas dasar “multi-negara”. Artinya, dokumen pengungkapan waralaba Anda harus mencakup – atas dasar negara-per-negara – tambahan dan modifikasi yang diperlukan untuk membuat FDD Anda mematuhi berbagai undang-undang negara. Ini sangat penting di negara bagian pendaftaran waralaba.Tanpa tingkat kepatuhan multi-negara ini, Anda berisiko pelanggaran kepatuhan dan hambatan potensial terhadap penjualan waralaba di masa depan.
Pelajari Waralaba dan Terlibat dalam Komunitas Waralaba.
Gunakan waktu ini untuk mulai belajar lebih banyak tentang proses waralaba. Terlibat dalam acara waralaba. Sementara pengacara waralaba Anda sedang mengembangkan FDD Anda, selama panggilan dan pertemuan pengembangan Anda ia juga harus membantu Anda mempelajari waralaba dan membuat Anda terlibat dengan organisasi waralaba, acara jaringan, dalang, dan profesional serta pemasok lain yang akan bernilai setelah waralaba Anda diluncurkan.
Kiat : Bicaralah dengan pemilik waralaba lain dan selalu memikirkan langkah selanjutnya.

 

Mengembangkan Rencana Pemasaran Penjualan Waralaba Anda
Ada banyak bagian bergerak yang terlibat dalam penjualan waralaba pertama Anda dan membangun saluran pipa untuk penjualan waralaba yang sedang berlangsung. Sangat penting untuk mengembangkan rencana pemasaran untuk menjual waralaba secara efektif.

Ketika Anda mulai mengembangkan rencana pemasaran penjualan waralaba, berikut adalah beberapa pertanyaan awal yang harus Anda jawab:

Apa tujuan penjualan waralaba saya selama 6 hingga 12 bulan ke depan?
Apa kualitas dan karakteristik franchisee saya yang sempurna?
Apa proposisi nilai dari waralaba saya, apa yang membuat waralaba saya unik, dan bagaimana franchise saya dapat meningkatkan kehidupan franchisee saya?
Berapa banyak uang yang akan saya investasikan dalam penjualan waralaba selama 6 hingga 12 bulan ke depan?
Vendor luar apa yang harus saya andalkan untuk menghasilkan minat pada merek saya dan untuk membantu saya menarik franchisee yang berkualitas?
Apakah situs web saya secara unik mengomunikasikan kisah merek saya dan keuntungan menjadi franchisee di sistem saya?
Apakah situs web saya menyertakan formulir penangkapan timah yang mendorong prospek untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri dan menjangkau lebih banyak informasi?
Apakah kita memiliki proses penemuan dan konversi franchisee untuk menginformasikan dan mendidik calon pelanggan tentang merek kita, keuntungan menjadi franchisee bersama kita, dan seperti apa kesuksesan itu bagi mereka?
Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan memungkinkan Anda untuk mulai membangun kerangka kerja untuk rencana pemasaran penjualan waralaba awal Anda dan penentuan posisi merek Anda. Pertanyaan-pertanyaan ini dirancang untuk membantu Anda memulai, dan apa yang akan Anda temukan adalah, seiring berjalannya waktu, jawaban Anda terhadap pertanyaan-pertanyaan ini akan berkembang, berubah, menjadi lebih halus, dan, pada akhirnya, mengarah ke banyak pertanyaan lain dan proses pengembangan penjualan waralaba.

Selanjutnya, kami akan terjun sedikit lebih dalam ke posisi merek waralaba Anda dengan proposisi nilai yang tepat. Ini adalah salah satu tugas pemasaran paling penting yang harus Anda lakukan. Bahkan jika Anda bekerja dengan tim pemasaran, sebagai pendiri atau pemimpin merek waralaba Anda, Anda perlu terlibat aktif dalam proses ini atau Anda berisiko membuat salah satu dari kesalahan pemasaran yang paling umum dan mahal yang dilakukan oleh merek waralaba pemula dan baru.

Posisikan Merek Waralaba Anda dan Bangun Cerita Merek Waralaba
Sebelum Anda menghabiskan uang untuk pemasaran penjualan waralaba, Anda harus menghindari kesalahan ini: kesalahan yang akan kami sampaikan kepada Anda tidak hanya dilakukan oleh pemilik waralaba yang baru muncul tetapi juga merek waralaba besar dan bahkan perusahaan pemasaran waralaba . Kesalahan ini akan menyebabkan Anda membuang uang pemasaran Anda, kehilangan konversi franchisee, dan membuat keputusan buruk tentang efektivitas saluran pemasaran waralaba yang tersedia untuk Anda.

Anda mungkin berpikir bahwa kesalahan ini mendasar dan jelas, tetapi tidak. Bahkan, kesalahan ini dibuat oleh mayoritas pemilik waralaba dan merupakan alasan mengapa pemasaran untuk begitu banyak merek waralaba – terlepas dari industri mereka – terdengar sama. Sementara merek waralaba yang lebih besar memiliki uang untuk lolos dari kesalahan ini, pemilik waralaba pemula dan baru seperti Anda tidak. Itu karena anggaran pemasaran Anda terbatas dan dolar pemasaran Anda perlu menghasilkan hasil selama fase yang muncul dari sistem waralaba Anda. Anda akan berpikir bahwa perusahaan pemasaran waralaba akan membantu merek waralaba yang muncul menghindari kesalahan ini – tetapi mereka tidak melakukannya. Bahkan, berkali-kali mereka membantu mengabadikannya.

Jadi, Apa Kesalahannya?
Kesalahannya adalah franchisor yang baru muncul seperti Anda mulai membelanjakan uang untuk pemasaran – baik iklan bayar per klik, portal web penjualan franchise, bergabung dengan organisasi pialang, menghadiri pameran dagang, dll. – tanpa menghabiskan waktu untuk mengembangkan, memahami, dan berkomunikasi dengan mereka kisah merek, proposisi nilai yang ditawarkan sistem waralaba mereka kepada franchisee, dan mengapa, untuk franchisee yang tepat, franchise mereka unik.

Jika Anda melakukan kesalahan ini, uang pemasaran Anda akan terbuang sia-sia untuk kampanye pemasaran dan penjualan waralaba “saya juga” waralaba yang tidak akan berfungsi atau, paling baik, menghasilkan rasio dan biaya konversi franchisee yang tidak terjangkau.

Mengembangkan kisah merek Anda dan proposisi nilai unik untuk merek waralaba Anda membutuhkan waktu, jadi mulailah sekarang. Jika dilakukan dengan benar, Anda akan menarik pemasaran Anda yang menarik franchisee yang berkualitas. Untuk informasi tambahan tentang penentuan posisi merek Anda, kami sangat menyarankan Anda membaca Membangun StoryBrand oleh Donald Miller dan Anda memeriksa lokakarya StoryBrand .

Evaluasi Saluran Pemasaran Penjualan Waralaba ini
Setelah Anda menetapkan proposisi nilai merek Anda dan menciptakan kisah merek Anda, mulailah mengevaluasi beberapa saluran pemasaran penjualan waralaba ini. Beberapa saluran ini mungkin tepat untuk waralaba Anda dan beberapa lainnya mungkin tidak. Pada akhirnya, Anda tidak bisa hanya mengandalkan satu, dan kami sarankan Anda mengembangkan campuran yang baik dari apa yang bekerja untuk merek Anda, industri Anda, dan tujuan penjualan waralaba Anda.

Pialang Waralaba dan Organisasi Pialang Pialang
waralaba dan organisasi pialang adalah bagian penting dari proses penjualan waralaba. Pialang waralaba biasanya merupakan bagian dari organisasi profesional yang lebih besar dan mereka membantu calon franchisee dalam menemukan peluang waralaba yang sesuai dengan minat dan modal yang tersedia. Keuntungan: Keuntungan bekerja dengan broker waralaba adalah bahwa broker dan organisasi yang baik biasanya menghasilkan prospek franchisee berkualitas yang menutup transaksi. Kerugian: Kerugian bekerja dengan broker waralaba adalah bahwa biayanya tinggi dan biasanya rata-rata 50% dari biaya waralaba awal Anda. Selain itu, beberapa organisasi broker mengenakan biaya keanggotaan untuk bergabung dengan organisasi mereka. Rekomendasi kami:Pada akhirnya, kami merekomendasikan bekerja dengan broker waralaba terkemuka untuk mencapai sebagian dari tujuan penjualan waralaba Anda. Kami percaya bahwa biaya bekerja dengan broker waralaba terkemuka jauh melebihi biaya yang akan Anda bayarkan. Namun, Anda harus berhati-hati tentang organisasi pialang waralaba yang mengenakan biaya tinggi di muka untuk bergabung dengan organisasi mereka sebagai merek yang akan ditampilkan pialang mereka kepada calon pewaralaba. Salah satu organisasi broker waralaba hemat biaya yang kami rekomendasikan adalah International Franchise Professionals Group .
SEO Web organik (Optimasi Mesin Pencari)
Membangun situs web dan keberadaan web Anda adalah tugas jangka panjang yang penting. Untuk memulai, tambahkan halaman peluang waralaba ke situs web bisnis Anda yang sudah ada. Laman web harus difokuskan pada proposisi nilai merek Anda dan kisah merek Anda, dan harus menyertakan formulir penangkapan timah di mana calon pelanggan dapat memasukkan alamat email dan informasi kontak mereka dengan imbalan informasi lebih lanjut. Seiring waktu, Anda dapat mengembangkan situs web penjualan waralaba terpisah. Bagaimanapun, Anda perlu mengembangkan konten web yang, pada waktunya, akan membantu menghasilkan lalu lintas mesin pencari organik. Keuntungan: Keuntungan menghasilkan arahan penjualan melalui lalu lintas web organik adalah hemat biaya. Kerugian:Meskipun tidak ada kerugian untuk arahan penjualan yang dihasilkan melalui lalu lintas web organik, dibutuhkan waktu. Situs web Anda tidak akan langsung menghasilkan arahan dan hasil yang terukur dapat memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun.
Rekomendasi Kami: Berinvestasi dan mengembangkan konten berkualitas unik untuk laman web atau situs web penjualan waralaba Anda adalah skenario menang-menang. Meskipun akan membutuhkan waktu untuk menghasilkan lalu lintas web dari hasil pencarian organik, konten yang Anda kembangkan juga akan berfungsi sebagai alat konversi penting bagi calon franchisee yang mencari tahu tentang franchise Anda melalui saluran pemasaran lainnya, yaitu , jika broker franchise merujuk prospek ke situs web Anda, konten web akan memainkan peran penting dalam proses pengambilan keputusan prospek.
Web Berbayar (Iklan Bayar-Per-Klik) Iklan
bayar-per-klik, atau PPC, di Google dan mesin pencari lainnya relatif mudah dan ada banyak vendor yang memberikan bantuan dalam mengelola kampanye AdWord. Sebagai merek waralaba yang muncul, pertanyaan paling penting yang harus Anda jawab adalah apakah, kapan, dan bagaimana cara efektif menggunakan kampanye AdWord dalam pemasaran penjualan waralaba Anda. Seperti yang akan Anda lihat dalam rekomendasi kami di bawah ini, kecuali jika Anda memiliki kampanye AdWord yang sangat bertarget ( yaitu , kampanye yang ditargetkan ke subset tertentu dari prospek yang memenuhi syarat dalam wilayah geografis terkonsentrasi), kami tidak merekomendasikan kampanye AdWord dalam 12 hingga 18 bulan pertama sejak. penawaran waralaba Anda.

Keuntungan:Iklan bayar per klik dapat menghasilkan lalu lintas langsung ke situs web penjualan waralaba Anda.

Kerugian: Iklan bayar per klik sangat mahal, memerlukan anggaran besar, dan, untuk merek yang baru muncul, kemungkinan menghasilkan pengembalian investasi negatif. Potensi ROI negatif tidak hanya karena persaingan dan biaya tinggi per klik tetapi karena sebagian besar merek yang muncul tidak memiliki sistem konversi ( yaitu , kisah merek yang menarik, proposisi nilai, proses konversi, halaman arahan khusus, dan tindak lanjut kampanye tetes) untuk memaksimalkan nilai setiap klik.

Rekomendasi Kami: Untuk sebagian besar merek waralaba yang muncul, kami tidak menyarankan iklan bayar per klik sampai merek Anda dibumbui dan Anda memiliki sistem konversi yang tepat (mis ., kisah merek yang menarik, proposisi nilai, proses konversi, halaman arahan khusus, dan kampanye tetes berikutnya) untuk memaksimalkan biaya tinggi dan nilai iklan bayar per klik Anda. Jika dan ketika merek waralaba Anda siap untuk iklan bayar per klik, mulailah dengan kampanye terbatas dan bertarget yang berfokus pada subset calon kandidat pewaralaba dalam wilayah geografis yang ditargetkan. Rekomendasi tambahan:
Gunakan Halaman Arahan- Untuk semua kampanye web, baik Iklan Google atau iklan media sosial berbayar, penting untuk mengembangkan dan menggunakan halaman arahan web khusus. Daripada menautkan iklan berbayar ke halaman rumah Anda atau ke halaman penjualan waralaba umum situs web Anda, iklan berbayar Anda (yaitu, iklan bayar per klik dan iklan media sosial berbayar) harus dikaitkan dengan halaman arahan khusus yang berisi konten yang disesuaikan untuk iklan dan itu akan memungkinkan Anda untuk melacak efektivitas kampanye pemasaran Anda. Seiring waktu, Anda akan ingin A / B menguji halaman arahan yang berbeda untuk melihat olahpesan apa yang terbaik dan media berbayar memberi Anda franchisee yang berkualitas terbaik. Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh merek-merek waralaba adalah mereka langsung menggunakan uang untuk iklan mahal per-klik dan media berbayar lainnya tanpa mengembangkan halaman arahan khusus untuk memantau dan melacak hasil kampanye mereka. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang halaman arahan, Lepas landas melakukan pekerjaan yang baikmenjelaskan apa itu halaman arahan dan bagaimana menyusunnya.
Fokus Pada Mengumpulkan Informasi Prospek – Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pemilik waralaba ketika menggunakan iklan berbayar adalah mereka mencoba membuat iklan dan halaman arahan melakukan terlalu banyak. Tujuan dari iklan bayar per-klik Anda bukan untuk menjual waralaba, melainkan untuk memperkenalkan peluang waralaba Anda ke prospek yang berkualitas dan mendorong prospek tersebut untuk mengisi formulir kontak untuk mempelajari lebih lanjut tentang waralaba Anda. Setelah Anda memiliki informasi kontak prospek, Anda dapat memulai kampanye tetes yang lebih aktif di mana Anda berkomunikasi dengan prospek, menawarkan informasi tambahan, mengundang mereka ke webinar, mengirimkan paket informasi kepada mereka, dan terlibat dalam komunikasi yang lebih bertarget.
Media Sosial Organik
Sama seperti strategi web organik Anda, membuat konten dan melibatkan calon pewaralaba secara organik ( mis ., Tanpa iklan berbayar) melalui saluran media sosial seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, dan Pinterest merupakan biaya-efektif dan penting untuk penjualan waralaba.

Keuntungan: Keuntungan dari penjualan waralaba yang dihasilkan melalui media sosial organik adalah harganya relatif murah. Media sosial akan memungkinkan Anda untuk membangun basis pengikut yang ada dan menargetkan penjualan waralaba kepada mereka yang sudah tahu merek dan bisnis Anda.

Kerugian: Meskipun tidak ada kerugian untuk arahan penjualan yang dihasilkan melalui media sosial organik, membangun penjualan secara organik membutuhkan waktu dan membutuhkan kegigihan.

Rekomendasi Kami: Membangun kehadiran media sosial Anda adalah tugas penting yang menghadirkan skenario win-win. Meskipun audiens organik Anda pada awalnya akan terbatas, posting di saluran media sosial Anda hemat biaya dan akan berfungsi sebagai alat validasi penting bagi calon pewaralaba yang mempelajari merek Anda melalui saluran pemasaran lainnya.
Iklan Media Sosial Berbayar
Saat Anda membangun kehadiran media sosial dan audiens organik Anda, iklan media sosial berbayar mewakili peluang besar untuk menjangkau audiens yang ditargetkan.

Keuntungan: Iklan media sosial berbayar efektif untuk membangun audiens dan memungkinkan Anda menargetkan iklan ke audiens tertentu.

Kerugian: Seperti iklan bayar per klik, iklan media sosial bisa menjadi mahal dan membutuhkan manajemen yang cermat.

Rekomendasi kami:Ketika dikelola dengan benar, iklan media sosial berbayar mewakili peluang unik untuk merek waralaba yang muncul. Jika Anda telah menghabiskan waktu dan upaya dalam membangun situs web Anda, media sosial organik Anda, dan penentuan posisi merek dan kisah merek waralaba Anda, iklan media sosial bisa sangat efektif dalam membantu Anda menjual waralaba. Iklan media sosial Anda harus ditargetkan ke himpunan bagian demografi individu yang berbagi minat, pekerjaan, dan keterampilan yang konsisten dengan franchisee yang sempurna untuk sistem Anda.
Hubungan Masyarakat Waralaba Hubungan
masyarakat berkaitan dengan membangun kehadiran merek waralaba Anda dan menceritakan kisah merek Anda di saluran media yang mencakup berita nasional dan lokal, majalah, dan publikasi khusus. PR dapat mencakup saluran media lokal yang membahas pembukaan outlet waralaba dalam area tertentu, artikel online tentang merek waralaba Anda, dan bahkan penampilan televisi nasional yang menghubungkan merek Anda dengan acara berita lainnya.

Keuntungan: Paparan dari penampilan media berbasis PR akan menghasilkan minat pada merek waralaba Anda dan akan membantu kredibilitas merek Anda dengan prospek franchisee.

Kerugian: Meskipun penampilan PR, secara teknis, gratis ( mis, Anda tidak membayar outlet media untuk penampilan atau artikel), itu masih pay-to-play karena Anda harus menyewa dan membayar agensi hubungan masyarakat yang baik untuk membuat Anda mendapatkan paparan media.

Rekomendasi kami: Hubungan masyarakat harus menjadi bagian dari pemasaran penjualan waralaba Anda. Penempatan PR yang baik tidak hanya akan menghasilkan minat pada merek waralaba Anda, tetapi juga memberikan merek Anda validasi pihak ketiga yang akan membantu dalam proses konversi franchisee. Sebagai merek waralaba yang baru muncul, ketika merekrut agensi PR, penting untuk menetapkan ekspektasi yang jelas mengenai jenis penempatan media yang agensi dapat dan tidak dapat berikan untuk Anda, yang juga akan tergantung pada perusahaan Anda, industri di mana Anda berada. , dan seberapa menarik kisah merek Anda mungkin atau mungkin tidak. Berinvestasi dalam PR adalah proses jangka panjang ketika mengevaluasi biaya dan potensi pengembalian investasi; mungkin perlu berbulan-bulan sebelum menghasilkan waralaba yang dijual, jadi penting bahwa penempatan PR Anda juga berperan dalam memvalidasi merek Anda untuk prospek franchisee Anda.
Influencer Waralaba Influencer
franchise adalah penulis yang kredibel, kurator konten web, dan blogger yang telah mengembangkan keahlian khusus dan pengikut dalam komunitas waralaba. Influencer ini menawarkan informasi yang berharga dan kredibel untuk calon franchisee, dan dalam parameter tertentu menawarkan bantuan dalam memberikan eksposur kepada franchisor dan merek waralaba.

Keuntungan: influencer waralaba terkemuka dapat membawa kredibilitas instan ke merek Anda.

Kerugian: Jika Anda bekerja dengan influencer waralaba terkemuka, tidak ada kerugian asalkan biaya yang dibebankan kepada Anda adil.

Rekomendasi kami:Kami merekomendasikan membangun hubungan dengan dan bekerja dengan influencer franchise. Bergantung pada siapa Anda bekerja, hubungan tersebut mungkin terkait dengan saran dan bantuan untuk menentukan posisi merek Anda, dan mungkin mempromosikan merek Anda. Untuk wawasan hebat tentang karya salah satu influencer waralaba terbaik, lihat The Franchise King® .
Portal Waralaba Online Portal
waralaba online adalah situs web yang mencantumkan banyak merek waralaba dan memposisikan diri sebagai sumber daya bagi individu yang mencari peluang waralaba. Portal online ini menggunakan SEO organik dan iklan bayar per klik untuk mendapatkan pengunjung ke situs web mereka. Dari sana, prospek didorong untuk memasukkan informasi mereka dan ditunjukkan berbagai merek dan peluang waralaba. Portal online menghasilkan uang dengan mengenakan biaya kepada pemilik waralaba seperti Anda biaya untuk dicantumkan di situs web mereka dan biaya untuk Anda membeli prospek calon franchisee dari portal, yaitu , Anda membeli lead yang terdiri dari informasi yang dimasukkan prospek di situs portal.

Keuntungan:Secara teknis, arahan yang Anda beli agak berkualitas karena arahan harus dari orang yang secara aktif mencari waralaba.

Kerugian: Banyak lead yang ternyata berkualitas rendah dan menghasilkan pengembalian investasi yang rendah atau negatif bila dibandingkan dengan uang yang Anda belanjakan untuk lead franchisee yang relatif berkualitas.

Rekomendasi Kami: Saat ini kami tidak merekomendasikan portal online untuk franchisor yang baru muncul.
Apa yang harus dimasukkan di situs web atau halaman waralaba Anda:

Sebuah. Formulir Kontak Anda selalu ingin memberi pengguna kesempatan untuk mengisi informasi mereka dan segera menghubungi Anda. Formulir kontak Anda harus mudah ditemukan. Awalnya, Anda mungkin hanya ingin meminta prospek untuk informasi dasar (nama, email, sebutkan di mana mereka tertarik untuk membuka waralaba). Bagaimana Anda mendapatkan calon franchisee untuk memberi Anda informasi mereka? Berikan mereka salinan Panduan Peluang Waralaba Anda yang dapat diunduh.

b. Proposisi Nilai Setelah Anda menentukan apa yang unik tentang peluang waralaba Anda, media yang sempurna untuk menampilkan ini adalah situs web Anda. Bagaimana waralaba Anda akan mengubah kehidupan franchisee Anda yang sempurna dan membantu mereka mencapai tujuan keuangan mereka? Ingat, menjauhlah dari pembeda khas dan berdiri keluar dari keramaian. Mulailah dengan dasar yang kuat dan bangun situs Anda seiring waktu.

c. Panduan Peluang Waralaba Beberapa orang menyebut ini sebagai brosur waralaba. Pada dasarnya, ini harus menjadi panduan digital tentang penawaran waralaba Anda yang dapat diunduh atau dicetak oleh prospek. Anda dapat membagikan ini di pameran dagang seperti International Franchise Expo , misalnya, dan seharusnya sudah tersedia untuk calon pembeli waralaba yang baik.

d. Video Menurut WordStream , ada statistik mengejutkan yang membuktikan bahwa video adalah kunci untuk situs web. Memiliki video pribadi yang memperkenalkan diri Anda dan franchisee Anda dapat sangat membantu untuk mengkonversi prospek Anda.

 

Apakah Berlisensi Alternatif untuk Waralaba?
Tidak, lisensi bukan merupakan alternatif untuk waralaba. Kadang-kadang, baik berdasarkan nasihat hukum yang buruk atau kurangnya informasi, pemilik bisnis masuk ke dalam perjanjian lisensi percaya bahwa itu bukan waralaba, dan karena itu mereka tidak harus melalui proses waralaba.

Inilah intinya: dalam setiap waralaba adalah lisensi. Definisi apa yang “menciptakan waralaba” sangat luas sehingga perjanjian lisensi akhirnya memicu tanggung jawab waralaba dan masalah hukum yang serius. Jika hubungan bisnis yang Anda masukkan meliputi (a) lisensi merek dagang, (b) pembayaran biaya, dan (c) perjanjian di mana Anda akan memiliki tingkat kendali atas bagaimana seseorang mengoperasikan bisnis mereka, hubungan bisnis adalah waralaba dan Anda harus mematuhi hukum waralaba. Pelajari lebih lanjut tentang lisensi versus waralaba dan perbedaannya.

Jika Anda sudah menjual lisensi, kabar baiknya adalah Anda dapat mengubah sistem lisensi Anda menjadi sistem waralaba .

 

Apakah Saya Harus Bekerja dengan Pengacara Waralaba?
Jika Anda akan melakukan waralaba dengan cara yang benar, Anda perlu bekerja dengan pengacara yang berspesialisasi dalam waralaba dan yang berpengalaman dalam bekerja dengan franchisor baru dan yang baru muncul seperti Anda.

Alasannya sederhana : semua yang akan Anda lakukan sebagai pemilik waralaba – mulai dari waralaba bisnis Anda hingga penjualan waralaba diatur oleh undang-undang waralaba federal dan negara bagian, dan membutuhkan koordinasi dan integrasi yang luas ke dalam dokumen pengungkapan waralaba Anda dan perjanjian antara Anda dan pewaralaba Anda. Sebagai pemilik waralaba, “aset” Anda yang paling penting adalah perjanjian waralaba Anda dan kewajiban hukum antara Anda dan pewaralaba Anda, termasuk kewajiban waralaba Anda untuk membayar royalti kepada Anda. Setelah pertumbuhan bertahun-tahun, jika dan ketika Anda memutuskan untuk menjual sistem waralaba Anda atau mengambil investor ekuitas swasta, Anda akan senang Anda tidak mengambil jalan pintas dengan kewajiban hukum Anda.

Pengacara waralaba yang baik akan dapat membantu Anda melalui setiap fase proses pengembangan waralaba dan akan memberi Anda wawasan dan strategi pengembangan waralaba yang telah bekerja untuk merek lain. Ia juga akan membantu Anda menghindari kesalahan dan perangkap waralaba yang tidak diketahui oleh banyak pemilik waralaba pemula atau, sayangnya, mengetahui terlambat. Hati-hati banyak “konsultan waralaba” berpura-pura menjadi pengacara atau berpura-pura memiliki pengacara pada staf mereka. Namun, apa yang sebenarnya dilakukan oleh konsultan ini adalah mempraktikkan hukum secara ilegal dan merugikan banyak pemilik waralaba pemula yang tidak menaruh curiga yang belum menyadari pentingnya hukum FDD dan perjanjian waralaba di masa depan.

Berita baiknya adalah ada beberapa firma hukum waralaba yang sangat baik di luar sana. Pengacara yang tepat untuk Anda harus memahami merek Anda, percaya pada tujuan dan visi Anda sebagai merek dan pendiri, dan memiliki sistem untuk memandu dan membantu waralaba Anda dengan cara yang benar. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang memilih pengacara yang tepat dalam Panduan kami untuk Memilih Pengacara Waralaba .

 

Dapatkah Pengembang atau Konsultan Waralaba Mempersiapkan Dokumen Pengungkapan Waralaba Saya, Bukan Pengacara Waralaba?
Tidak. Dokumen pengungkapan waralaba Anda adalah dokumen hukum yang mensyaratkan integrasi undang-undang dan peraturan waralaba khusus federal dan negara bagian dan hanya boleh disiapkan oleh pengacara waralaba yang berkualifikasi.

Jika Anda telah melakukan pencarian Google tentang waralaba bisnis Anda, kemungkinan Anda telah menemukan hasil pencarian yang tidak hanya mencakup pengacara waralaba tetapi juga konsultan waralaba dan pengembang waralaba. Anda bahkan mungkin tidak melihat perbedaan – dan ini mungkin disengaja oleh pihak konsultan dan pengembang, yang berupaya tampil sebagai “toko serba ada” yang juga menawarkan layanan hukum. Konsultan waralaba dan pengembang waralaba bukan pengacara waralaba dan mereka tidak dapat memberi Anda nasihat hukum; mereka tidak dapat memiliki “pengacara internal” mereka memberi Anda nasihat hukum; dan mereka tidak memiliki pelatihan dan keahlian yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen pengungkapan waralaba Anda, mendaftarkan penawaran waralaba Anda, dan secara hukum melindungi merek Anda.

Walaupun konsultan waralaba yang memiliki reputasi baik menawarkan keterampilan yang berharga, peran mereka tidak boleh untuk mempersiapkan dokumen pengungkapan waralaba Anda, mendaftarkan penawaran waralaba Anda, mendaftarkan merek dagang Anda, atau memandu pengembangan hukum waralaba Anda. Pengacara waralaba Anda harus bekerja secara langsung untuk Anda dan bertanggung jawab langsung kepada Anda.

 

Bagaimana Saya Memulai?
Dengan membaca panduan ini, Anda telah mengambil langkah pertama! Sekarang setelah Anda memiliki dasar yang kuat mengenai apa itu waralaba dan langkah-langkah yang terlibat, mulailah membangun tim yang tepat untuk membantu mendukung dan membimbing Anda dalam waralaba bisnis Anda.

 

Glosarium
Di bawah ini adalah daftar istilah dari beberapa istilah dan definisi franchise utama :

Perjanjian Representatif Area – Tempat franchisor menunjuk dan menunjuk perwakilan area pihak ketiga sebagai agen khusus franchisor dalam wilayah yang ditunjuk. Berdasarkan perjanjian perwakilan daerah, perwakilan daerah akan membayar biaya di muka tergantung pada ruang lingkup dan ukuran wilayah yang ditunjuk perwakilan daerah dan sebagai imbalan untuk memenuhi tujuan penjualan waralaba dan bertindak sebagai agen franchisor dalam pelatihan dan franchisee pendukung. Perwakilan area biasanya akan menerima kompensasi berdasarkan persentase dari biaya awal franchise dan royalti berkelanjutan yang dibayarkan oleh franchisee dalam wilayah perwakilan area yang ditunjuk.

Wilayah yang Ditunjuk- Wilayah yang ditunjuk, juga kadang-kadang disebut sebagai wilayah operasi atau wilayah yang dilindungi, adalah wilayah di mana pewaralaba diberi hak untuk mendirikan dan mengoperasikan bisnis waralaba. Untuk bisnis waralaba bata-dan-mortir, wilayah yang ditentukan biasanya ditentukan dan diukur sebagai radius atau area di sekitar lokasi bisnis waralaba. Untuk bisnis berbasis layanan, wilayah yang ditunjuk biasanya didefinisikan sebagai area geografis di mana pewaralaba berwenang untuk menawarkan dan menjual layanan dan produk dari bisnis waralaba. Biasanya, pemilik waralaba akan setuju untuk tidak mengotorisasi atau membangun waralaba yang bersaing dalam wilayah yang ditentukan. Cakupan perlindungan yang diberikan kepada pemegang waralaba di wilayah yang ditunjuk bervariasi dari pemilik waralaba ke pemilik waralaba.

Perjanjian Pengembangan – Suatu bentuk perjanjian waralaba yang melibatkan pengembangan beberapa outlet dan lokasi waralaba oleh satu pemegang waralaba. Di bawah perjanjian pengembangan, franchisee biasanya ditugaskan wilayah pengembangan dan dalam wilayah pengembangan franchisee diharuskan untuk membangun dan mengoperasikan beberapa outlet dan lokasi waralaba. Perjanjian pengembangan akan mencakup jadwal pengembangan yang harus dipenuhi oleh pemegang waralaba. Perjanjian pengembangan juga disebut sebagai “Perjanjian Pengembangan Multi-Unit.”

FDD – Singkatan untuk dokumen pengungkapan waralaba. Lihat “Dokumen Pengungkapan Waralaba.”

Peraturan Waralaba Federal – Peraturan dan peraturan yang dikeluarkan oleh Komisi Perdagangan Federal berjudul “Persyaratan dan Larangan Pengungkapan Mengenai Waralaba dan Peluang Usaha Ventura” di bawah 16 Bagian CFR 436 dan 437.

Komisi Perdagangan Federal – Dalam waralaba, di tingkat federal, Komisi Perdagangan Federal bertugas mengawasi dan mengatur penjualan waralaba. Pada 2 Juli 2007, FTC mengeluarkan Peraturan Waralaba Federal.

Representasi Kinerja Keuangan – Representasi kinerja keuangan, juga disebut sebagai “klaim pendapatan,” adalah pernyataan atau perwakilan lisan atau tertulis yang dibuat oleh franchisor atau agen franchisor tentang kinerja keuangan aktual atau potensial dari bisnis waralaba. Di bawah undang-undang waralaba, franchisor tidak berwenang untuk membuat representasi kinerja keuangan kecuali mereka diungkapkan dalam Butir 19 dari FDD franchisor. Pelajari lebih lanjut tentang representasi kinerja keuangan .

Waralaba – Waralaba adalah hubungan kontraktual antara dua pihak – biasanya disebut sebagai “franchisor” dan “franchisee” – di mana kontrak atau hubungan biasanya (a) melibatkan pembayaran biaya dimuka, (b) melibatkan lisensi dari merek dagang, dan (c) melibatkan pemilik waralaba yang memberikan suatu bentuk kontrol atas operasi franchisee, seperti dalam rencana pemasaran atau sistem yang harus diikuti oleh franchisee.

Perjanjian Waralaba – Perjanjian hukum yang menciptakan hubungan waralaba antara franchisor dan franchisee. Berdasarkan perjanjian waralaba, pemegang waralaba diberikan lisensi, hak, dan kewajiban untuk membangun dan mengoperasikan bisnis waralaba / outlet di lokasi tertentu atau di dalam wilayah yang ditentukan. Perjanjian pengembangan, perjanjian perwakilan wilayah, dan perjanjian waralaba induk adalah berbagai bentuk perjanjian waralaba.

Dokumen Pengungkapan Waralaba – Dokumen pengungkapan waralaba, juga disebut sebagai “FDD,” adalah dokumen hukum yang berisi pengungkapan terperinci tentang penawaran waralaba. Sebelum menawarkan dan menjual waralaba, pemilik waralaba harus mengungkapkan dokumen pengungkapan waralaba kepada para calon waralaba tidak kurang dari 14 hari sebelum menandatangani perjanjian waralaba atau menerima biaya dari waralaba. Isi dokumen pengungkapan waralaba dipecah menjadi 23 item pengungkapan atau bagian yang diamanatkan oleh Komisi Perdagangan Federal. Negara-negara tertentu telah meningkatkan persyaratan mengenai informasi dan pengungkapan apa yang harus terkandung dalam dokumen pengungkapan waralaba.

Biaya Waralaba – Biaya awal satu kali di muka yang dikenakan oleh pemilik waralaba pada saat menandatangani perjanjian waralaba. Biaya waralaba merupakan biaya lisensi awal yang dibayar oleh franchisee untuk menjadi bagian dari sistem waralaba. Biaya waralaba biasanya digunakan oleh pemilik waralaba untuk mengkompensasi dirinya sendiri karena menerbitkan lisensi waralaba dan untuk menyerap biaya yang dikeluarkan oleh pemilik waralaba dalam proses penjualan waralaba dan biaya yang akan dikeluarkan oleh pemilik waralaba dalam memberikan pelatihan dan dukungan awal kepada pemegang waralaba.

Negara Pengaralaba Waralaba – Negara pengarsipan waralaba adalah negara yang mengharuskan pemilik waralaba untuk mengajukan pemberitahuan kepada negara sebelum menawarkan atau menjual waralaba di negara itu. Beberapa negara pengarsipan waralaba memerlukan pengajuan tahunan dan beberapa pengajuan satu kali. Untuk pemilik waralaba yang merek dagangnya terdaftar di USPTO, negara penerima waralaba meliputi: Connecticut , Florida , Kentucky , Maine , Nebraska , Carolina Utara , Carolina Selatan , South Dakota , Texas , dan Utah .

Hukum Waralaba – Kombinasi hukum federal dan negara bagian yang mengatur dan terkait dengan penawaran dan penjualan waralaba dan hubungan antara franchisor dan franchisee. Undang-undang waralaba termasuk Peraturan Waralaba Federal dan bermacam-macam hukum khusus negara bagian.

Pengacara Waralaba – Pengacara waralaba adalah pengacara berlisensi yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam waralaba. Pengacara waralaba harus berpengalaman dalam menyusun dokumen pengungkapan waralaba, menyiapkan perjanjian waralaba, mendaftarkan FDD, menyelesaikan konflik dengan pemegang waralaba, dan memberi nasihat kepada bisnis tentang proses waralaba dan bagaimana mematuhi hukum waralaba negara tertentu, peluang bisnis dan hubungan waralaba. American Bar Association Forum tentang Waralaba adalah salah satu organisasi keanggotaan pengacara terbesar yang berfokus pada hukum waralaba.

Negara – negara Registrasi Waralaba – Negara-negara bagian pendaftaran waralaba adalah negara-negara bagian yang mengharuskan pemilik waralaba untuk mendaftarkan dokumen pengungkapan waralaba dengan regulator negara yang ditunjuk sebelum franchisor dapat menawarkan atau menjual waralaba di negara tersebut. Negara pendaftaran waralaba mewajibkan pemilik waralaba untuk memperbarui pendaftaran dokumen pengungkapan waralaba mereka tidak kurang dari setahun sekali. Regulator di negara bagian pendaftaran waralaba akan meninjau dan mengomentari FDD pemilik waralaba, dan dalam kasus tertentu, mengenakan kewajiban dan batasan pada pemilik waralaba sebagai syarat untuk pendaftaran. Untuk pemilik waralaba yang merek dagangnya terdaftar di USPTO, negara bagian pendaftaran waralaba adalah: California , Hawaii , Illinois , Indiana, Maryland , Michigan , Minnesota , New York , Dakota Utara , Rhode Island , Virginia , Washington , dan Wisconsin . Jika merek dagang utama franchisor tidak terdaftar pada USPTO, maka negara-negara berikut, secara efektif, menjadi negara pendaftaran waralaba dan memerlukan pendaftaran FDD: Connecticut , North Carolina , Carolina Selatan , dan Maine .

Franchisee – Individu atau entitas yang membeli dan diberikan hak untuk mengoperasikan waralaba. Seorang pemegang waralaba akan menandatangani perjanjian waralaba yang memberinya hak untuk mendirikan bisnis waralaba. Biasanya, pemegang waralaba akan membayar biaya waralaba dimuka untuk mendapatkan lisensi awal dan hak untuk menjadi pemegang waralaba, dan pewaralaba akan membayar biaya royalti yang berkelanjutan kepada pemilik waralaba.

Bisnis Waralaba – Bisnis yang didirikan dan dioperasikan oleh pemegang waralaba berdasarkan ketentuan perjanjian waralaba.

Franchisor – Seorang individu atau entitas yang menawarkan atau menjual waralaba. Melalui perjanjian waralaba, pemilik waralaba memberikan kepada pemegang waralaba hak untuk mendirikan dan mengoperasikan bisnis waralaba yang dimiliki oleh pemilik waralaba.

FTC – Singkatan dari Komisi Perdagangan Federal. Lihat “Komisi Perdagangan Federal.”

Asosiasi Waralaba Internasional – Asosiasi Waralaba Internasional , juga disebut sebagai “IFA”, adalah asosiasi perdagangan waralaba terbesar di Amerika Serikat. Anggota IFA termasuk pemilik waralaba, pemasok waralaba, pewaralaba, dan profesional waralaba. IFA adalah a. advokat waralaba untuk para anggotanya dan aktif dalam pendidikan waralaba, jaringan, dan lobi legislatif.

Master Franchise Agreement – Perjanjian di mana franchisor mengalihkan haknya di wilayah yang ditentukan sebagai franchisor ke master franchisee pihak ketiga. Di dalam wilayah yang ditentukan, pemilik waralaba induk memperoleh semua hak pemilik waralaba dan memiliki otoritas hukum untuk secara langsung menjual waralaba dan menandatangani perjanjian waralaba.

Wilayah Operasi – lihat “Wilayah yang Ditunjuk.”

Manual Operasional – Manual rahasia yang disediakan oleh pemilik waralaba untuk pemilik waralaba. Manual operasi berfungsi sebagai panduan untuk pewaralaba dan mencakup informasi terperinci tentang bisnis waralaba, termasuk persyaratan pra-pembukaan, persyaratan operasional, vendor dan pemasok yang disetujui, serta sistem dan prosedur franchisor untuk menyediakan layanan atau produk bisnis waralaba. Daftar isi manual operasi pemilik waralaba harus diungkapkan dalam FDD.

Wilayah yang Dilindungi – lihat “Wilayah yang Ditunjuk.”

Biaya Royalti – Biaya royalti adalah biaya berulang yang terus menerus yang dikenakan franchisor kepada franchisee secara berkala, seperti mingguan atau bulanan. Biaya royalti biasanya dibebankan sebagai persentase tetap dari penjualan kotor franchisee atau sebagai jumlah dolar tetap. Biaya royalti memberikan kompensasi kepada pemilik waralaba untuk lisensi lanjutan dan hak waralaba untuk mengoperasikan bisnis waralaba, dan menutupi biaya dan pengeluaran yang dikeluarkan oleh pemilik waralaba dalam memberikan dukungan kepada pemegang waralaba.

Tinggalkan Komentar